Ingin Rambut Sehat Simak Manfaat Daun Pandan Wangi

Ingin Rambut Sehat Simak Manfaat Daun Pandan WangiManfaat pandan wangi untuk kehidupan manusia adalah sebagai zat pewarna alami makanan sekaligus sebagai pewangi. Ya, daun pandan wangi menimbulkan aroma yang khas. Biasanya digunakan untuk pembuatan kue dan minuman.

Selain untuk pengawet dan pewangi, tanaman ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Diantaranya dapat digunakan untuk mengobati rematik, pegal linu, gelisah dan mengobati lemah saraf.

Di setiap daerah di Indonesia, pandan wangi memiliki nama yang berbeda-beda. Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.

Selain digunakan sebagai obat herbal, daun pandan wangi juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan rambut. Oke, berikut ini beberapa contoh manfaat daun pandan wangi untuk rambut.

1. Mengatasi rambut rontok
Sediakan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang segar, 1 genggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci alimunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebus hingga mendidih lalu disaring.

Cara pemakaiannya, oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Menghitamkan rambut
Memiliki rambut yang hitam berkilau dan sehat adalah sebuah aset, terutama bagi wanita. Peribahasa mengatakan rambut adalah mahkota wanita. Ambil 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan scara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya. (Baca juga: Obat Untuk Eksim Pada Kaki)

3. Menghilangkan ketombe
Ketombe adalah salah penyebab gatal di kulit kepala. Keberadaan ketombe dapat mengganggu kesehatan rambut, karena kulit kepala menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan daun pandan wangi.

0 Response to "Ingin Rambut Sehat Simak Manfaat Daun Pandan Wangi"

Posting Komentar